Destinasi Wisata Luar Negeri Bersama Anak, Dijamin Seru!

Destinasi Wisata Luar Negeri Bersama Anak, Dijamin Seru!

Tidak terasa tahun 2023 tinggal 1 bulan lagi nih Ballers! Mendekati akhir tahun, semakin banyak agenda untuk bepergian bersama keluarga maupun teman-teman. Apalagi bisa berwisata ke luar negeri yang tentunya menawarkan pengalaman yang berbeda dari wisata dalam negeri. 

Namun, kamu perlu pertimbangkan destinasi wisata jika berencana untuk bepergian ke luar negeri bersama keluarga. Di artikel ini, kamu bisa menemukan beberapa destinasi wisata luar negeri yang ramah untuk semua umur, termasuk anak-anak. Explore tempat-tempat yang ramah anak di bawah ini selengkapnya.

1. Legoland Discovery Center Hong Kong

Lokasi: Shop B131-133 B1, K11 MUSEA Victoria Dockside, 18 Salisbury Rd, Tsim Sha Tsui, Hong Kong

Harga tiket: Rp450.000 - Rp500.000,-

Legoland Discovery Center Hongkong

Ketika berlibur bersama anak, taman bermain menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Legoland di Hong Kong adalah taman bermain indoor yang dirancang khusus untuk anak-anak. Orang dewasa harus membawa setidaknya 1 anak (berusia 11 atau di bawahnya) ke dalam area bermain.

Di dalam Legoland, ada 10 zona bermain menarik yang bisa kamu explore. Fakta menarik dari taman bermain ini adalah replika miniatur LEGO dari atraksi dan landmark terbaik Hong Kong dibangun dengan lebih dari 1,5 juta LEGO! Beberapa di antaranya adalah Star Ferry dan Central Pier.

Anak-anak dapat belajar membuat model LEGO mereka sendiri dengan bimbingan Master Model Builder. Berbagai kegiatan menyenangkan lainnya adalah anak dapat membangun kota impian dengan 5 teman baru, melihat karakter film favorit anak dalam bentuk 4D, hingga berbelanja oleh-oleh khas Legoland. 

2. SEA Life Bangkok

Lokasi: Siam Paragon Building, B1, B2 Floor, 991, Bangkok

Harga tiket: Mulai dari Rp439.800,-

SEA Life Bangkok

Ajak anak-anak bermain sambil belajar di SEA Life, Bangkok! Awalnya sempat dikenal dengan nama Siam Ocean World, akuarium ini terkenal sebagai salah satu yang terbesar di dunia! Ada lebih dari 400 spesies air dan 30.000 makhluk laut. 

Meski disarankan untuk menghabiskan waktu selama 2 jam di sini, kamu tetap dapat menikmati keindahan dunia bawah laut ini selama yang kamu mau. Dari ikan hiu hingga berang-berang dan instalasi interaktif, SEA Life Bangkok cocok untuk semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Si Kecil dapat bermain dan belajar dengan berpetualang menjelajahi 8 zona bawah laut. Salah satu zona yang paling diminati wisatawan adalah Ocean Tunnel, yaitu terowongan bawah laut. Di sini, kamu seolah-olah berada di kehidupan bawah laut. Temui berbagai jenis ikan seperti ikan pari elang, hiu harimau pasir, dan hiu sirip hitam yang berenang di sekelilingmu.

Selain bertemu hewan laut, wisata edukasi Bangkok untuk keluarga ini juga menghadirkan zona Penguin Ice Playground. Kamu bisa melihat penguin gentoos yang merupakan penguin terbesar ketiga di dunia. Pengunjung dapat menyaksikan atraksi penguin di zona yang dibuat mirip seperti Antartika, lengkap dengan replika salju. 

Bagi kamu yang gemar tantangan, cobalah atraksi Shark Dive. Kamu akan diajak menyelam bersama dengan para hiu. Tentu saja, kamu akan dilengkapi dengan pengaman serta dibantu pemandu yang profesional.

3. Madame Tussauds Bangkok

Lokasi: Siam Discovery, 989 Rama I Rd, Pathum Wan, Bangkok 10330, Thailand

Harga tiket: Mulai dari Rp200.000,-

Madame Tussauds Bangkok

Madame Tussauds Krung Thep Maha Nakhon adalah sebuah cabang museum lilin dari Madame Tussauds yang berbasis di London. Museum ini menjadi tempat wisata yang inovatif, menawarkan pengalaman baru bagi para wisatawan. Saat ini, cabang Madame Tussauds Bangkok berada di lantai 6 pusat perbelanjaan Siam Discovery di Bangkok, Thailand.

Museum ini menampilkan patung lilin berukuran manusia dari berbagai tokoh terkemuka dalam politik, olahraga, musik, perfilman, dan sejarah. Ini menjadikan Madame Tussauds Bangkok menjadi perwujudan realisme artistik yang menarik. Detail yang teliti menangkap tidak hanya kemiripan fisik namun juga esensi dari tokoh-tokoh tersebut.

Beberapa tokoh yang dapat kamu jumpai patung lilinnya adalah Albert Einstein, Angelina Jolie, Bruce Lee, Leonardo DiCaprio, dan Beyoncé. Tidak hanya itu, ada tokoh berjasa dari Indonesia yaitu Ir. Soekarno! Masih banyak juga tokoh-tokoh politik dunia, pemikir dunia, hingga orang-orang penting di dunia ekonomi modern lainnya. 

Pengunjung dapat berfoto sepuasnya bersama patung lilin ini dan menjelajahi berbagai pameran serta aktivitas interaktif yang ada di seluruh museum.

Tiket masuk Madame Tussauds Bangkok dapat dibeli secara online maupun langsung di pintu masuk museum. Museum ini menawarkan tiket masuk standar dan juga berbagai paket yang mencakup atraksi atau layanan tambahan, seperti tur pemandu pribadi atau kesempatan foto souvenir.

4. Hong Kong Disneyland

Lokasi: Lantau Island, Hong Kong

Harga tiket: Mulai dari Rp1.300.000,-

Disneyland Hong Kong

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh-tokoh kartun legendaris Disney? Baik anak-anak maupun orang dewasa, Hong Kong Disneyland menjadi tempat wisata favorit para turis. Meski ada beberapa cabang Disneyland yang ada di Asia, Hong Kong Disneyland adalah yang terdekat dengan Indonesia. Perjalanan dari Jakarta ke Hong Kong hanya memakan waktu selama 7 jam, bahkan wisatawan Indonesia tidak perlu visa untuk ke sini.

Meski areanya tidak terlalu luas, tapi Disneyland tetap memaksimalkan pilihan wahana yang variatif. Anak-anak pun dijamin tidak akan bosan karena dapat menghabiskan waktu seharian penuh untuk mengelilingi semua area dengan mudah. 

Salah satu hal lainnya yang membuat Disneyland satu ini spesial adalah hadirnya World of Frozen satu-satunya di dunia. World of Frozen adalah area tematik yang terinspirasi dari film Frozen. Di sini, anak-anak dapat menikmati suasana layaknya berada di Arendelle, kerajaan di mana Elsa dan Anna berasal. Selain itu, tersedia juga Frozen Suite, kamar spesial yang didesain lengkap dengan dekorasi dan ornamen khas Frozen. Ada merchandise eksklusif Frozen yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. 

Selain World of Frozen, ada juga Toy Story Land yang bertema film animasi Pixar, Toy Story. Ini menjadi Toy Story Land pertama di Asia dan paling lengkap di dunia lho! Terdapat 6 wahana yang berbeda, dibanding di Walt Disney World di Florida dan yang hanya memiliki 3 wahana saja.

5. Universal Studio Singapore

Lokasi: 8 Sentosa Gateway, Singapore 098269

Harga tiket: Mulai dari Rp900.000,-

Universal Studio Singapore

Rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi tempat favorit turis di Singapura, Universal Studio! Taman hiburan pertama Universal Studios di Asia Tenggara dan yang kedua di Asia. Terletak di area yang luas, taman ini menawarkan berbagai pertunjukan, wahana, dan atraksi yang mengangkat tema dari film-film ikonik Universal Studios, mulai dari Madagascar, Despicable Me, hingga Jurassic Park.

Selain zona dan wahana berdasarkan karakter-karakter film populer, taman hiburan ini dikenal dengan berbagai zona menariknya, seperti replika Hall of Fame serta landmark kota-kota Amerika, bersama dengan wahana-wahana seru dan bola dunia khas Universal Studios yang ikonik. 

Ada lebih dari 20 wahana yang ditawarkan, sehingga rasanya menghabiskan waktu sehari penuh pun terasa kurang. Namun, jika khawatir! Waktu untuk antre setiap wahananya hanya sekitar 10 menit-an. Kamu bisa mengelilingi semua area sekaligus lebih efisien.

Nah, ada beberapa wahana yang wajib masuk ke dalam wishlist kamu. Beberapa di antaranya adalah Battlestar Galactica: HUMAN vs. CYLON di Sci-Fi City, di mana kamu bisa mencoba roller coaster dengan kecepatan tinggi. Ingin berpetualang ke luar angkasa? Kamu bisa kunjungi Sesame Street Spaghetti Space Chase di area New York!

Selain itu, terdapat juga wahana Puss in Boots’ Giant Journey di Far Far Away, Jurassic Park Rapids Adventure di The Lost World, dan TRANSFORMERS The Ride: The Ultimate 3D Battle di Sci-Fi City, yang memberikan pengalaman visual dan aksi yang beda bagi pengunjung.

Jika tidak ingin mencoba wahana, ada beragam pertunjukan yang bisa kamu tonton di Universal Studios Singapore. Mulai dari pertunjukan dari karakter animasi terkenal hingga pertunjukan kembang api. Misalnya seperti Sesame Street Goes Bollywood, yaitu pertunjukan musik warna warni ala Bollywood yang dimeriahkan oleh karakter Sesame Street, atau Lake Hollywood Spectacular, pertunjukan kembang api dengan tata musik yang megah. Terakhir, ada WaterWorld yaitu pertunjukan film blockbuster yang menegangkan.

6. Singapore Zoo

Lokasi: 80 Mandai Lake Rd, Singapore 729826

Harga tiket: Rp560.000,-

Singapore Zoo

Dengan luas lahan mencapai 26 hektar, Singapore Zoo menjadi tempat wisata satwa liar selama lebih dari empat dekade dengan beragam mamalia, reptil, burung, dan lainnya. Bahkan yang sebagian orang belum tahu, Singapore Zoo juga menjadi rumah bagi RepTopia — salah satu pameran terbaru yang menampilkan lebih dari 60 jenis reptil dan amfibi yang beragam!

Terdapat 11 zona yang berbeda, masing-masing menyajikan pengalaman mendalam ke alam liar. Tempat ini cocok menjadi destinasi ideal untuk keluarga, karena menawarkan hiburan sekaligus pengetahuan yang menyenangkan bagi anak-anak. Mereka dapat menikmati belajar tentang kehidupan binatang secara langsung.

Jangan lupa untuk ajak anak-anak menjelajahi Kidz Ranger Tour, di mana mereka bisa berinteraksi dan memberi makan falabella sekaligus belajar menjadi penjaga kebun binatang. 

Jika ingin mengunjungi Singapore Zoo, lebih baik disaat musim kemarau agar lebih nyaman karena areanya yang terbuka. Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman dan botol air minum yang bisa kamu isi ulang di sana. Lalu, kamu bisa membeli tiket paket bersama dengan Jurong Bird Park. Kamu bisa mengunjunginya setelah selesai berpetualang di Singapore Zoo.

7. Studio Ghibli Museum

Lokasi: 1 Chome-1-83 Shimorenjaku, Mitaka, Tokyo 181-0013, Japan

Harga tiket: Mulai dari Rp150.000,-

Studio Ghibli Museum, Jepang

Penggemar karya-karya terkenal dari Studio Ghibli wajib datang ke sini! Museum Ghibli Jepang, terletak di Mitaka, Tokyo, menjadi destinasi wisata tak terlupakan bagi penggemar animasi. Didesain langsung oleh Hayao Miyazaki sendiri, museum ini berawal dari idenya yang ingin memperlihatkan proses pembuatan film animasinya kepada penggemar dan masyarakat umum.

Tidak hanya menampilkan galeri seni, tersedia berbagai fasilitas menarik seperti ruang pameran eksklusif, teater mini, toko suvenir khusus, kafe dengan makanan terinspirasi dari film, serta taman yang memikat pengunjung dengan patung karakter-karakter ikonik dari film-film Ghibli.

Namun, perlu diingat bahwa kamu tidak bisa membeli tiket langsung di tempat. Jadi, kamu perlu merencanakan dari jauh-jauh hari untuk memesan tiket. kunjungan ke museum ini memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para penggemar seni animasi dan film Studio Ghibli.

Biasanya, penjualan tiket akan dimulai pada tanggal 10 untuk kunjungan pada bulan berikutnya. Sebagai contoh, bila kamu merencanakan kunjungan antara tanggal 1 hingga 31 Desember, berarti tiket masuknya baru dapat dibeli mulai tanggal 10 November.

Sekarang, saatnya kamu mulai menentukan destinasi wisata dan menyusun itinerary traveling nanti! Tidak lupa untuk memastikan segala perlengkapan yang dibutuhkan sudah siap, karena pengalaman liburan yang seru dimulai dari persiapan yang tepat.

Salah satu hal yang penting untuk mempermudah perjalananmu yaitu memilih koper atau tas perjalanan yang cocok. Dengan koper dan tas dari koleksi Baller, kamu akan lebih siap membuat momen tak terlupakan bersama keluarga di mana pun destinasi liburan kalian.